Minggu, 28 Mei 2017

Repost Kajian Ramadhan Hari Ke-1

🕌  Ramadhan ke-1  🕌

Berapa Kalikah Kita Sudah Menjalankan Shoum?

📝 Oleh : Samyono Abi Jundi

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam.

Yang telah mempertemukan kita kembali pada bulan yang mulia ini. Bulan yang penuh rahmat, dan ampunan dari Allah Swt.

Shalawat teriring salam mudah-mudahan senantiasa tercurah dan terlimpahkan atas Rasul penghujung zaman, Rasulullah Saw. Rasul yang telah menghantarkan kita dari alam geliat gulita menuju alam yang terang benderang. Dan karena Rasul pulalah, kita pun dapat dientaskan dari zaman jahiliyah kepada zaman yang penuh hidayah dari Allah Swt.

Berbicara tentang shoum atau puasa, bagi kita sudah tak asing lagi. Bahkan orang tua kita pun sudah mulai mengajari kita untuk melaksanakannya sedari kita masih usia balita. Karena, semua menyadari bahwa perintah shoum ini merupakan kewajiban yang telah diperintahkan kepada Nabi Muhammad Saw, bahkan pada umat-umat  Nabi sebelumnya. Sebagaimana firman-Nya,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.
Surah Al-Baqarah (2:183)

Jika kita hendak berhitung, sudah berapa kalikah kita menjalankan ibadah shoum ini?

Mungkin rata-rata di antara kita, sudah mulai melaksanakan ibadah shoum tanpa bolong-bolong dari kita berumur 10 tahun. Nah, bagi Anda yang yang saat ini berumur 20 tahun, berarti paling tidak Anda telah melaksanakan shoum ini sebanyak 10 kali. Bagi Anda yang saat ini berumur 30 tahun berarti Anda telah melaksanakan shoum sebanyak 20 kali. Umur 40, 50, 60? Tinggal dikalikan saja, kemudian dikalikan lagi dengan jumlah hari shoum Ramadhan 29 hari atau 30 hari. Berarti Anda sudah berapa kali melaksanakan shoum ini? Sudah sering sekali kita melaksanakannya.

Saking seringnya dan banyaknya kita sudah melaksanakan shoum ini, mestinya kita sudah bukan lagi hanya hafal dalam melaksanakannya, akan tetapi sudah sangat terlatih dan sudah bisa meraih apa yang menjadi tujuan orang yang melaksanakan ibadah shoum, yakni la'allakum tattaquun, yaitu hamba yang bertaqwa.

Betul tidak?
Semoga kita semua dapat meraihnya. Aamiin ya Rabbal 'aalamiin.
Wallahu A'laam bish-shawab.


BOGOR, 27 Mei 2017, 06.45.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang membangun ya.
Makasih :)

 

Blogger news